Kenapa sering muncul bentol dan gatal?

E Info Penanya: E
Misi dok mo tanya saya sring kali bentol disertai gatal dan bulu kutug merinding..smkin mlawan smakin merinding tp klo rilek nda..cma ttp gtel dan bentol.a bisa mngembang gde..Kira2 pnykit apa ya? Pdhal waktu kcil nda dok..Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Keluhan bentol, gatal dan bulu terasa merinding seringkali muncul ketika seseorang mengalami alergi. Beberapa macam faktor alergen dapat berupa cuaca dingin, makanan tinggi protein, debu, serbuk bunga, dll. Keluhan ini akan selalu muncul ketika seseorang mengalami paparan alergen. Sehingga yang perlu diperhatikan adalah menghindari faktor alergen dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara perbanyak asupan sayur dan buah, cukup istirahat, dan lakukan olahraga secara teratur untuk melancarkan aliran darah.

Bila muncul bentol atau gatal, maka segera oleskan calamine lotion dan minum obat golongan antihistamin untuk meredakan rasa gatal. Bila keluhan ini semakin sering kambuh, maka segera lakukan konsultasi ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit melepuh dapat terjadi karena reaksi alergi yang parah terhadap obat antibiotik

Kulit Melepuh dan Mengelupas Bisa Saja Berkaitan dengan Alergi Antibiotik

Stevens-Johnson syndrome adalah penyakit yang menyebabkan kulit menjadi melepuh karena reaksi alergi yang parah terhadap obat-obatan, terutama antibiotik.