Kenapa sering merasa sedih tanpa alasan?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya....saya sering merasa sedih tanpa alasan ...dan terkadang menyangkut hal2 kecil pun hati saya langsung merasa sedih atau sesak.....seperti mendengar lagu sedih atau yg berintonasi lembut....atau hal2 lain nya....oleh karna itu sya sekarang cenderung menjauhi hal2 yg membuat hati saya tidak nyaman..termasuk sedikit menjaga jarak dg kluarga saya...kira2 itu gejala apa ya dok,dan bagaimana cara mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NL,

Rasa sedih merupakan salah satu perasaan yang muncul ketika ada hal yang kurang menyenangkan perasaan kita. Selain itu perlu juga dibedakan dengan empati atau simpati. Empati adalah perasaan turut sedih dan kita terbawa dalam situasi tersebut. Sedangkan simpati adalah kita mengerti bahwa hal tersebut memang menyedihkan, namun kita masih dapat mengendali diri untuk tidak larut dalam kondisi tersebut.

Bila perasaan sedih dan empati berlangsung secara berlebihan, maka akan berujung pada depresi dimana merasa tidak nyaman dengan berbagai situasi yang ada dan berusaha menarik diri dari pergaulan sebagai usaha agar tidak terlibat dalam kondisi yang menyedihkan tadi.

Bila perasaan sedih yang Anda alami berlangsung secara terus menerus, terutama bila tanpa didasari penyebab yang jelas, maka segera lakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit jantung dan kesehatan mental adalah penyakit yang saling memengaruhi satu sama lain

Hubungan Penyakit Jantung dan Kesehatan Mental Ternyata Sangat Erat

Penyakit jantung dan kesehatan mental ternyata saling memengaruhi satu sama lain. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental berisiko terkena penyakit jantung, begitu juga sebaliknya.