Kenapa sering merasa hampa dan mudah stres?

A Info Penanya: A, Wanita
Dokter saya ingin bertanya. Saya sering merasa bahwa orang-orang tidak peduli dengan saya. Saya terkadang sering juga merasa hampa dan saya mudah stres akibat masalah-masalah terdahulu yang saya kira dapat saya maklumi namun sekarang tiba-tiba menjadi beban. Hal tersebut membuat dada sesak yang terkadang membuat saya sampai mual dan menangis tiba-tiba dan berhenti tiba-tiba. Setelah itu merasa hampa. Apa yang sebenarnya terjadi pada saya? Apakah hanya moodswing atau ada gangguan lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Perasaan hampa, merasa tidak ada orang yang peduli, mendadak menangis tanpa sebab yang jelas, teringat masa lalu dan menjadi beban, merupakan beberapa ciri-ciri orang depresi. Ciri-ciri orang depresi dapat berbeda-beda tergantung berat ringannya masalah atau trauma yang dihadapi dan kemampuan orang tersebut beradaptasi.

Beban yang terasa sangat berat dapat menghilangkan gairah hidup, dada terasa berat, sesak, hingga mual karena ketika stres maka produksi asam lambung akan meningkat dan mengiritasi lambung.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi depresi tersebut adalah :

  1. Ceritakan beban masalah yang sedang Anda hadapi dengan orang yang Anda percayai.
  2. Cari kegiatan lain yang menyenangkan untuk menghilangkan kejenuhan.
  3. Olahraga secara teratur, karena selain melancarkan aliran darah juga dapat melepas hormon endorfin yang bisa membahagiakan.
  4. Cari komunitas yang memiliki masalah yang sama sehingga bisa saling berbagi dan mendapatkan solusinya.

Bila keluhan ini sudah berlangsung lebih dari 2 minggu, maka sebaiknya Anda segera konsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk membantu menangani masalah Anda. Semakin cepat ditangani maka hasilnya akan semakin baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Multitasking adalah kondisi saat Anda melakukan beberapa aktivitas sekaligus

Multitasking Adalah Hal yang Sebaiknya Dihindari, Apa Alasannya?

Jika Anda merasa jago melakukan beberapa aktvitas sekaligus, coba pikir kembali. Multitasking adalah hal yang ternyata sia-sia jika Anda ingin meningkatkan produktivitas dan cepat menyelesaikan tugas yang menggunung.