Kenapa sering lemas dan mudah berkeringat?

SR Info Penanya: SR
Dok. Saya mau tanya. Belakangan ini saya sering merasa tak bertenaga. Lemes.pdhl hbs makan.. juga sering terasa agak nyeri di dada kiri bawah payudara sampe ke punggung terasa linu/pegel. Klo aktifitas atw olga saya keluar keringat banyak pdhl yg lain blm.keringetan. knp ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SR,

Keluhan lemas bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang makan, tidak pernah berolahraga, anemia, hipotensi atau tekanan darah rendah, sedang stres atau jenuh, hipotiroid, diabetes, dll. Sedangkan untuk keluhan nyeri di dada kiri hingga ke punggung bisa disebabkan kram otot dada, asam lambung yang meningkat, atau adanya sumbatan pembuluh darah jantung.

Untuk keluhan mudah berkeringat sendiri juga banyak kemungkinannya, bisa karena cemas berlebihan, kelebihan berat badan, hipertiroid, TBC, dll. Karena keluhan Anda cukup kompleks, maka sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk mencari tau penyebab munculnya keluhan-keluhan Anda, biasanya dokter akan menyarankan untuk cek darah, foto rontgen paru, atau sampai rekam jantung.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :
  1. Usahakan makan dengan teratur.
  2. Cukup istirahat, jangan begadang.
  3. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan daging tanpa lemak.
  4. Minum air putih minimal 2 liter per hari untuk mencegah dehidrasi.
  5. Olahraga secara teratur 30 menit setiap hari.
  6. Hindari makanan pedas, asam.

Dan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan penyakitnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang membuat ibu hamil pusing

10 Komplikasi Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Tidak semua kehamilan berjalan dengan lancar karena ada risiko komplikasi kehamilan yang mengintai. Komplikasi tersebut bisa mengancam keselamatan ibu dan janin sehingga harus diwaspadai. Jenis komplikasi kehamilan beragam, mulai dari masalah pada tekanan darah hingga diabetes.