Kenapa sering bersin berkali-kali ketika pilek?

MV Info Penanya: MV, Pria, 19 Tahun
dok, saya memiliki penyakit yg ketika saya pilek, saya dpt bersin hingga berkali", sama sekali gk bisa sekali bersin layaky org", itu bagaimana, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MV,

Bersin adalah respon tubuh ketika ada benda asing ataupun rangsangan pada hidung sehingga tubuh melakukan hentakan yang tiba-tiba untuk memaksa mengeluarkan bakteri ataupun iritan yang memicu bersin.

Ada banyak kemungkinan yang bisa memicu bersin seperti iritasi pada hidung karena bakteri, paparan alergen seperti debu, tungau, kotoran, gejala flu, obat tertentu, sinar matahari ataupun penyebab lain. Bersin berkali-kali memang dapat menyiksa tetapi masih termasuk normal dimana untuk mencegahnya perlu menghindari pemicunya. 

Lakukan pembersihan hidung dengan menggunakan air garam, gunakan masker saat sedang flu, ataupun juga menggunakan obat untuk meredakan gejala pilek dan flu sehingga bersin dapat dicegah. Periksakan diri jika keluhan terasa mengganggu agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut oleh dokter atau dokter THT. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

MV
28 Oct 2019, 13:12
nah.. sekarang masalahy adalah apa saya ad kelainan dalam bersin? soal'y stiap bersin lbh dr 3x, bahkan rekor terbanyak saya sampai 15x, uhk.. itu sangat mengganggu
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat pada bayi merupakan keluhan yang dapat membuat bayi mengalami kesulitan menyusui hingga bernapas

4 Kondisi Ini Bisa Menyebabkan Hidung Tersumbat pada Bayi

Hidung tersumbat pada bayi terjadi ketika pembuluh darah dan jaringan dalam rongga hidung tertutup karena terlalu banyak cairan. Kasus ini lebih sering terjadi pada bayi dibawah umur 6 bulan dan mengakibatkan kesulitan dalam menyusui karena tidak dapat bernafas dengan baik melalui hidungnya.