Kenapa saya mudah menangis?

TS Info Penanya: TS
Dok saya mau tanya kenapa saya tidak bisa menahan air mata ketika saya bercerita tentang keluarga atau lingkungan ataupun masalah pribadi saya di dalam diri saya seperti ada yang tertahan, seketika itu perasaan saya langsung campur aduk, kenapa ya kira* dok, makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TS,

Setiap orang memiliki karakteristik perasaan yang berbeda-beda, ada yang mudah terbawa emosi, ada yang biasa saja. Pada orang-orang yang perasaannya sensitif, maka cerita mengenai keluarga, atau mendengar hal-hal yang sedikit menyedihkan saja akan ikut terbawa suasana dan ikut menangis. 

Namun bila hal ini dirasakan sangat berlebihan, mungkin juga bisa disebabkan adanya depresi akibat masalah yang dialami sebelumnya. Setiap orang memiliki mekanisme pertahanan tubuh atau cara beradaptasi berbeda-beda terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Pada orang yang depresi maka akan lebih mudah menangis tanpa sebab yang jelas, sering merasa sedih, hilang napsu makan, gangguan pola tidur, hilangnya minat terhadap hal-hal baru, dll.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Hindari mendengar hal-hal yang menyedihkan.
  2. Lakukan atau cari kegiatan baru yang menyenangkan.
  3. Berusaha berpikir positif dan usahakan jangan terbawa emosi.
  4. Hindari film-film yang menyedihkan.

Bila Anda merasa perasaan Anda tersebut sudah sangat mengganggu dan sering sedih atau terbawa suasana orang lain, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater. Psikolog atau psikiater akan membantu mengarahkan bagaimana cara mengendalikan emosi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya selalu terjadi pada lansia, sering lupa juga dapat terjadi pada anak muda

Sering Melupakan Hal-hal Tertentu? Mungkin Ini Penyebabnya

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya lupa. Namun, jika hal ini sering terjadi, tentunya akan mengganggu kehidupan dan membuat penderitanya menjadi khawatir. Untuk memahami kondisi ini, ada berbagai penyebab sering lupa yang sebaiknya Anda ketahui.