Kenapa saya telat haid?

ME Info Penanya: ME, Wanita, 24 Tahun
Halo dok, saya punya keluhan. Jadi ini bulan ke 3 saya telat haid. Normal nya tgl 6 paling lama. Tapi February sampe tgl 10, Maret telat lagi tgl 20, dan sekarang telat lagiSaya baru menikah, suami saya merantau, pulang 3/4 Minggu sekali. Maret tgl 20 an lah (saya lupa persisnya) saya berhubungan sama suami saya, tapi anehnya suami saya belum masuk saja sudah ejakulasi diluar. 3 kali dicoba begitu terus. Saya kenapa ya dok? Sakit atau apa? Suami saya belum masuk sudah keluar soalnya. Terimakasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore ME,

Dari yang Anda ceritakan, sepertinya yang Anda maksud adalah siklus haid Anda selalu mundur, bukan terlambat haid. Kalau terlambat haid 3 bulan itu artinya tidak haid samasekali selama 3 bulan. Sedangkan yang Anda alami adalah tetap haid, namun tanggalnya mundur terus, itu artinya siklus haidnya mundur.

Siklus haid yang mundur bisa terjadi karena faktor:

  • Stres.
  • Kelelahan.
  • Perubahan berat badan.
  • PCOS.

Sedangkan ejakulasi yang terlanjur keluar duluan sebelum masuk ke dalam vagina bila waktunya kurang dari 1 menit disebut dengan ejakulasi dini. Jelas yang bermasalah adalah suaminya karena tidak bisa menahan ejakulasi.

Ejakulasi dini ini bisa disebabkan oleh faktor stres, kurangnya komunikasi yang baik. Yang dapat suami Anda lakukan adalah senam kegel untuk melatih agar tidak mudah ejakulasi. Selain itu intensitas rangsangan juga perlu diberikan secara bertahap.

Suami perlu periksa ke dokter urologi bila dengan senam kegel tidak membantu mengatasi ejakulasi dini tersebut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

1 dari 8 wanita merasa depresi sepanjang hidupnya dan dua kali lebih rentan terkena depresi daripada pria

Ciri-Ciri Depresi pada Wanita, Benarkah Kaum Hawa Lebih Rentan?

National Alliance of Mental Illness telah merilis survey bahwa 1 dari 8 wanita merasakan depresi, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Depresi adalah penyakit mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan hingga rasa ingin mengakhiri hidup.