Kenapa saya sering lelah dan sering pusing?

FZ Info Penanya: FZ, Pria, 16 Tahun
Kenapa saya sering lelah dan sering pusing
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FZ

Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat tubuh kita menjadi mudah lelah dan sering pusing:

1. Anemia

Anemia (kekurangan sel darah merah) merupakan penyebab utama kelelahan. Ini dikarenakan sel-sel darah merah sangat diperlukan tubuh manusia untuk membawa oksigen ke organ atau  jaringan lainnya. Jika Anda terkena anemia karena kekurangan zat besi, perbanyak  makan makanan yang kaya zat besi, seperti daging, kerang, hati, sereal, dan kacang-kacangan. Dan bila perlu Anda dapat mengkonsumsi suplemen zat besi.

2. Kurang tidur.

Durasi lamanya tidur yang dianjurkan adalah tujuh hingga delapan jam sehari. Apabila Anda merasa masih mengantuk setelah tidur atau badan terasa kurang segar, bisa jadi karena kuantitas dan kualitas tidur Anda terganggu.

3.  Dehidrasi

Salah satu tanda dehidrasi adalah kelelahan. Minumlah air sebanyak 2 L per hari atau bisa lebih dari itu jika Anda beraktifitas berat atau beraktifitas diluar ruangan yang panas.

4. Kurang kalori dan gizi pada makanan sehari-hari.

Cobalah untuk menyeimbangkan pola makan Anda dengan memenuhi kebutuhan asupan karbohidrat, lemak dan protein.

5. Hypothyroidism

Tiroid adalah organ yang berfungsi mengendalikan metabolisme tubuh dan mengatur kecepatan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Jika terjadi gangguan, akan menyebabkan fungsi-fungsi metabolisme dalam tubuh berjalan lambat, yang dapat menimbulkan gejala lemas dan tidak bersemangat.

6. Diabetes

Jika Anda sering mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas, mintalah dokter Anda untuk melakukan tes diabetes/gula darah.

7. Penyebab lainnya

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan mudah lelah seperti penyakit jantung, alergi makanan, sleep apneu, depresi, infeksi saluran kemih, konsumsi kafein yang berlebihan, dan sebagainya.

Cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat seperti makan-makanan yang bergizi, tidur cukup minimal 6-7 jam perhari, minum air putih 2L/hari, olahraga secara teratur (3-4 kali perminggunya, selama kurang lebih 30 menit), dan hindari stres.

Jika gejala tidak membaik atau malah memburuk silakan periksakan diri Anda langsung ke dokter untuk dapat dicari penyebab pastinya dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Jolinda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mudah lelah dan hilangnya semangat untuk beraktivitas bisa terjadi akibat gaya hidup, penyakit, maupun kondisi kejiwaan

Merasa Mudah Lelah? Coba Cek Dulu Gaya Hidup Anda

Mudah lelah bisa disebabkan oleh gaya hidup atau adanya penyakit. Jika belakangan ini tubuh gampang capek, Anda mungkin perlu mencermati gaya hidup Anda dan cara mengubahnya agar kembali berenergi.