07 Feb 2021, 21:40Psikologi

Bagaimana mengatasi emosi negatif dalam diri?

AN*
Info Penanya: AN*0
hai dok, saya mau bertanya, akhir akhir ini saya selalu merasakan emosi negatif terhadap orang sekita saya, saya gampang sekali benci/kesal kepada seseorang tanpa sebab, saya udah coba buat mengontrol itu semua tapi, kadang suka muncul, sampe saya lelah sendiri. misal temen saya memuji saya/ mengkhawatirkan saya, kenapa saya jatohnya kesel ya?? apa karena saya takut kalau mereka kaya gitu karena penasaran aja? apa karena saya cuman takut sama pemikiran mereka? .pdhl dulu saya ga kaya gini dok
322 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, SZTerima kasih atas pertanyaannya.Emosi yang negatif pasti pernah dialami oleh semua orang dan itu merupakan hal wajar.  Emosi negatif dapat muncul karena suatu pemicu misal stres, beban kerja atau sekolah berlebihan, tekanan dari lingkungan ataupun keluarga.  Selain itu, emosi negatif dapat timbul akibat pemikiran akan sesuatu yang terlalu pelik, sesuatu yang tidak penting namun terlalu dipikirkan sehingga membuat kecemasan dalam diri.

Beberapa cara untuk mengatasi emosi negatif :

  • Berbicara atau komunikasi dengan keluarga atau keluarga sehingga anda mengetahui maksud dan tidak menimbulkan pemikiran yang tidak-tidak.
  • Mengalihkan pemikiran negatif dengan aktivitas yang positif dan dapat mengurangi stres seperti berolahraga, bermeditasi, melakukan kegiatan yang menyenangkan dan membuat tertawa.
  • Jadwalkan setiap pagi menuangkan segala pemikiran yang negatif pada sebuah buku. Dengan cara ini membuat emosi tidak terpendam dan mengurangi stress sehingga energi positif akan meningkat.
  • Mengikuti lingkungan, aktivitas serta kegiatan yang mendukung kesehatan mental. Berada pada lingkungan yang positif akan membantu menjadi lebih positif.
Merubah pemikiran memang tidaklah mudah dan sering membuat ingin menyerah.  Namun, dengan niat dan keinginan yang kuat semua akan terjalani.  Ketika cara tersebut tidak membantu anda dan membuat aktivitas serta hubungan antar personal terganggu, jangan segan untuk berbicara dengan tenaga ahli.  Anda dapat konsultasi dengan psikiater secara online ataupun offline guna penanganan lanjutan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah kejiwaanstresgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil