Flek darah di luar haid, karena apa ?

RI Info Penanya: RI
dok umur saya 23 ,,kemarin saya konsol ke dokter kandungan karena haid tidak lancar ,,saya di USG alhamdulilah hasilnya nihil,,dokter nyaranin memperbaiki siklus haid menggunakan obat cyclo-progynova,anjuran dokter di minum di hari pertama haid ,,tapi kenapa saya haidnya makin berantakan?? satu munggu keluar flek hitam campur darah berhenti sekitar 10 harian habis itu saya haid darah yang biasa selama seminggu habis berhenti sekitar seminggu keluar flek lagi berhenti lagi dan 7hri haid lagi ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RI.

Flek darah yang terjadi diluar siklus haid merupakan salah satu tanda gangguan haid. Dalam istilah medis haid yang tidak teratur dikenal dengan sebutan metroragia. Penyebab dari keadaan metroragia dapat beragam.

Berikut beberapa faktor penyebab tersebut, diantaranya adalah :

  • ketidakseimbangan hormon karena berbagai faktor seperti stres, obesitas, penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat hormonal
  • kurangnya mengalami ovulasi
  • gangguan pembekuan darah
  • penyakit pada alat reproduksi :
    • endometriosis
    • adenomiosis
    • polip rahim
    • fibroid rahim

Mengenai keluhan yang Anda alami, umumnya merupakan salah satu efek samping dari pengobatan hormonal yang Anda jalani. Namun, hal ini mungkin merupakan proses penyeimbangan hormon Anda yang sebelumnya telah mengalami gangguan. Umumnya terapi hormonal memang membutuhkan waktu untuk dapat bekerja maksimal karena cara kerja hormon pada siklus haid merupakan hal yang kompleks, sehingga tidak dapat secara instan untuk mengembalikan keseimbangannya. Maka umumnya pengobatan hormonal ini dilakukan dalam jangka panjang. Hal ini juga bergantung pada seberapa berat gangguan keseimbangan hormon yang sebelumnya Anda alami. 

Untuk sementara Anda dapat membantu mengatasi keluhan Anda dengan cara alami yang meliputi konsumsi air rebusan jahe, kunyit dan ekstrak tanaman herbal adas.

Namun, jika keluhan semakin memberat Anda perlu untuk memeriksakan diri kembali pada dokter Kandungan Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.