Kenapa saya ada keluhan pusing dan mual setiap pagi?

RN Info Penanya: RN, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya kenapa kepala saya pusing setiap pagi dan setiap pagi saya mual ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RN

Terima kasih atas pertanyaannya.

Anda belum menikah? Atau sudah melakukan test pack? Karena tanda awal kehamilan salah satunya morning sickness. Tapi mual dan pusing di pagi hari bukan saja karena kehamilan. Misalnya setelah clubbing dengan teman-teman atau pola tidur tidak teratur. Namun yang paling sering adalah gangguan di pencernaan. Seperti kadar gula yang rendah saat bangun tidur terutama bila terakhir makan lebih dari 12 jam. Sehingga dianjurkan untuk sarapan sedikit untuk mengurangi pusingnya. 

Bisa juga bila ada problem asam lambung, beberapa tips adalah jangan berbaring minimal 3 jam setelah makan. Dan tidur menggunakan bantal untuk mengurangi refluks/kembalinya asam lambung ke kerongkongan. Bisa juga berasal dari gangguan hidung seperti radang pada sinus atau hidung tersumbat. Sehingga lendir yang tertelan menyebabkan anda mual saat bangun tidur. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengeluarkan lendir dari hidung dapat dilakukan untuk mengatasi hidung berair pada anak

5 Cara Mengatasi Hidung Berair dan Tersumbat pada Anak Secara Alami

Hidung berair dan tersumbat menyebabkan anak menjadi rewel dan mengganggu aktivitas. Kondisi ini dapat disebabkan oleh pilek, flu, hingga asap rokok. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meringankan hidung berair pada anak, seperti menggunakan air hangat, menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengonsumsi makanan pedas, memosisikan bantal dengan nyaman, dan mengeluarkan lendir dari hidung secara mandiri.