Kenapa sakit tenggorokan dan bersin-bersin setiap mau tidur?

TR Info Penanya: TR
Dokter tolong saya sakit tenggorokan dan bersin-bersin setiap saya ingin tidur atau setiap bangun tidur. Saya bingung kenapa tenggorokan saya selalu sakit dan bersin-bersin. Bagaimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TR,

Penyebab sakit tenggorokan diantaranya adalah karena radang tenggorokan, iritasi tenggorokan karena makanan atau minuman tertentu, reaksi alergi, infeksi saluran napas, peradangan pada hidung atau rhinitis dan penyebab lainnya.

Gejala yang bisa timbul sendiri seperti gatal tenggorokan, nyeri menelan, bersin-bersin, pilek, batuk, sakit kepala, demam, nyeri otot dan keluhan lainnya. Untuk mengatasinya bisa dilakukan beberapa cara seperti mengonsumsi minuman hangat, perbanyak minum air putih, hindari makanan berminyak, berlemak, terlalu dingin atau terlalu panas, berkumur dengan air gatam atau obat kumur, hindari paparan alergen, gunakan masker ketika bepergian, dan juga bisa menggunakan air humidifier jika ruang Anda kering atau berAC.

Jika keluhan menetap dan tidak membaik bisa memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis THT untuk memastikan penyebabnya. Nantinya juga bisa dilakukan tes alergi jika diduga penyebabnya adalah alergi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung mentol dan obat antiseptik untuk meringankan tenggorokan gatal

Benarkah Permen Pelega Tenggorokan Ampuh Atasi Batuk?

Saat sakit tenggorokan atau batuk, permen pelega tenggorokan memang bisa membantu mengurangi gejala. Namun karena efeknya hanya sementara, kita cenderung mengonsumsi permen tersebut terus-menerus. Hati-hati efek sampingnya, ya.