Kenapa sakit perut terus-terusan?

RH Info Penanya: RH
SlmTanya Dok...Tmn wanita sya sakit di bawah perut nya hampir gk reda tiap wkt..Hasil diagnosa gk ada apa apa.Mohon pencerahan nya Dok.Mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RH,

Sakit perut bagian bawah pada seorang wanita bisa banyak kemungkinannya seperti :

  1. Infeksi saluran kemih. Sering disertai dengan keluhan nyeri ketika kencing, atau kencing seperti tidak tuntas ingin kencing terus, hingga urin yang bercampur dengan darah.
  2. Endometriosis. Berupa nyeri ketika haid yang terasa sangat nyeri dan berlangsung selama beberapa hari.
  3. Radang panggul.
  4. Adenomiosis.
  5. Kanker serviks. Kanker yang disebabkan oleh infeksi HPV dengan tanda-tanda nyeri ketika berhubungan seksual, keluar darah setelah berhubungan seksual, keputihan.
  6. Radang usus besar. Bisa ditandai dengan gangguan BAB berupa diare atau sembeli
  7. Kanker usus.

Untuk sementara waktu yang dapat teman Anda lakukan adalah kompres bagian perut yang sakit menggunakan air hangat, minum pereda nyeri seperti paracetamol, perbanyak minum air putih, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Yang perlu diperhatikan adalah gejala apa yang menyertainya misal haid tidak teratur, perdarahan diluar siklus haid, diare, atau sering sembelit. Dan bila keluhan tersebut berlangsung secara terus menerus atau tidak membaik dengan obat pereda nyeri ringan maka sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG perut atau cek darah serta cek urin.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.