Kenapa sakit perut dan kentut bau?

FM Info Penanya: FM, Pria, 31 Tahun
Selamat malam Dokt ,maaf saya bertanya dilarut malam.Anak saya mengeluh sakit perut Dokt, sudah 2hari, tapi tidak muntah, kentutnya bau, kenapa dan apa obatnya Yaa Dokt..?Terimakasih...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FM,

Ketika anak mengeluh nyeri tentunya orang tua akan panik, dan keluhan nyeri perut merupakan keluhan yang seringkali dialami baik anak-anak maupun orang dewasa. Keluhan nyeri perut pada anak-anak bisa disebabkan oleh keracunan makanan, infeksi bakteri, terlambat makan, tidak dapat mencerna laktosa pada susu dengan baik, dll. Nyeri perut yang disertai dengan kentut berbau busuk seringkali pertanda adanya gangguan pada usus berupa infeksi bakteri atau keracunan makanan. Hal ini biasanya akan disertai dengan keluhan diare.

Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri perut adalah dengan mengompres perut yang sakit menggunakan air hangat, berikan paracetamol untuk meredakan nyeri, hindari makanan berlemak, gorengan, santan, beri makan dalam porsi kecil namun lebih sering.

Bila keluhan nyeri perut berlangsung terus hingga anak menangis atau muncul keluhan muntah, diare, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter anak untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah alpukat tidak bersifat asam dan aman untuk penderita asam lambung

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.