Kenapa sakit kepala ketika batuk?

SG Info Penanya: SG, Wanita
Saat btuk kpla bgian atas terasa sakit sekali,, knapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SG,

Keluhan batuk sering dialami oleh seseorang dan dapat berlangsung sebentar atau lama tergantung dari penyebab batuk itu sendiri.

Munculnya keluhan batuk bisa disebabkan oleh :

  1. GERD.
  2. Infeksi bakteri.
  3. Alergi.
  4. Makanan dengan bumbu penyedap atau pemanis yang berlebihan.

Pada kasus Anda dimana muncul keluhan sakit kepala ketika batuk bisa disebabkan saat proses batuk dapat menyebabkan tekanan di dalam kepala menjadi meningkat dan menekan saraf-saraf yang Anda di dalam kepala sehingga timbul keluhan nyeri kepala. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang batuk secara terus menerus atau batuk dengan dahak yang susah dikeluarkan sehingga dibutuhkan usaha ekstra untuk mengeluarkan dahak.

Ketika batuk sebaiknya Anda meminum banyak air putih untuk mengencerkan dahak, menghindari makanan pedas, asam yang memicu munculnya batuk, serta cukup istirahat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bila keluhan nyeri kepala ini berlangsung terus menerus, maka lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk di malam hari juga bisa diakibatkan oleh rokok.

10 Cara Ampuh Atasi Batuk di Malam Hari yang Ganggu Jam Tidur

Batuk di malam hari memang menyebalkan. Di saat kita ingin beristirahat dengan tenang, tenggorokan gatal dan batuk-batuk datang mengusik. Bagi Anda yang merasakannya, berikut ini 10 cara ampuh mengatasi batuk di malam hari.