Kenapa sakit kepala jika kecapean?

MM Info Penanya: MM, Wanita, 17 Tahun
Slmt malam dok.. knp ya kepala saya sering bngt sakit klo kecapean? Sakitnya sebelah gtu trus pundak saya pegel, kadang sampai ke gigi sakitnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MM,

Sakit kepala adalah gejala yang bisa timbul akibat beragam penyebab dan bisa disertai juga dengan beberapa gejala lain. Pemicu sakit kepala sendiri bisa karena kondisi kepala itu sendiri ataupun juga karena adanya gangguan kesehatan lain. Tidak menutup kemungkinan juga keluhan yang timbul bisa disebabkan oleh lebih dari satu penyebab.

Timbul sakit kepala jika kecapean bisa terjadi karena otot yang nyeri, postur tubuh yang tidak baik, gangguan pada sendi bahu, gangguan pada tulang belakang, masalah gigi ataupun juga gangguan persarafan. 

Untuk meredakannya perlu menjaga postur tubuh agar beban pada tubuh tidak berlebih yang bisa memicu rasa nyeri, lakukan juga peregangan ringan, lakukan relaksasi terutama di daerah bahu dan leher untuk mengurangi nyeri dengan pijatan ringan, mandi dengan air hangat ataupun bisa menggunakan koyo, balsem ataupun krim pereda nyeri. Selain itu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri dan perbanyak minum air putih. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi jahe dapat menangani sakit kepala sebelah

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Sakit kepala sebelah atau migrain dapat menimbulkan rasa nyeri di satu sisi kepala. Cara mengatasinya yaitu kompres dengan air dingin atau hangat, mengonsumsi kafein dan jahe, serta minum air.