Kenapa sakit kepala bila kena sinar matahari?

EO Info Penanya: EO, Pria, 21 Tahun
Dok.... Cara mengobati sering sakit kepala ketika terlalu lama terkena sinar matahari gimana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EO,

Keluhan sakit kepala akibat paparan sinar matahari yang terlalu terik memang seringkali terjadi, terlebih bila dalam kondisi kemarau, dan ketika seseorang kekurangan cairan di dalam tubuh, hal ini akan menyebabkan pembuluh darah di kepala melebar dan menekan saraf-saraf yang ada di kepala sehingga muncul keluhan pusing, kepala nyut-nyutan, berkunang-kunang, hingga telinga berdeging.

Hal yang dapat dilakukan adalah menghindari terik panas matahari dengan cara menggunakan topi atau payung bila harus melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. Sesekali Anda perlu berteduh agar pembuluh darah bisa stabil, dan minum banyak air putih serta makan dan tidur secara teratur. Bila keluhan nyeri sangat berat, Anda bisa meminum paracetamol untuk membantu meredakan nyeri.

Bila hal ini berlangsung secara terus menerus maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencari kemungkinan penyakit lainnya.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi jahe dapat menangani sakit kepala sebelah

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Sakit kepala sebelah atau migrain dapat menimbulkan rasa nyeri di satu sisi kepala. Cara mengatasinya yaitu kompres dengan air dingin atau hangat, mengonsumsi kafein dan jahe, serta minum air.