Kenapa saat bernafas dada terasa sakit?

LA Info Penanya: LA, Pria, 21 Tahun
Saat bernafas dada terasa sakit .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Pak

Terima kasih atas pertanyaannya

Sakit dada saat bernapas memang tidak bisa diabaikan. Sakit atau nyeri dada saat bernapas dapat berupa beberapa kondisi, di antaranya :

  1. Cedera otot dada dan tulang iga

Apabila terdapat cedera atau trauma pada tulang - tulang pernapasan dan otot pernapasan, maka tiap gerakan napas akan menimbulkan rasa sakit.

2. Gangguan organ pernapasan

Gangguan organ pernapasan dapat berupa pneumonia, bronkhitis, tuberkulosis (flek paru), dan lain - lain. Gangguan organ pernapasan tidak hanya berupa nyeri, namun sering disertai dengan batuk, pilek, demam, hingga penurunan imunitas tubuh.

3. Gangguan jantung

Serangan jantung dapat diidentifikasi dengan nyeri dada yang menjalar (terasa hingga punggung, rahang dan tangan kiri) terasa sesak dan berat, keringat dingin. Serangan jantung harus disertai dengan pemeriksaan rekam jantung (EKG), dan enzim jantung. Sebaiknya jika menemui gejala di atas, langsung periksakan diri Anda ke IGD terdekat.

4. Gangguan lainnya

Dapat berupa penyakit GERD (GastroEsophageal Reflux Disease) yaitu gangguan lambung berupa naiknya asam lambung sampai ke esofagus. Gejala yang timbul berupa nyeri dada, dada terasa panas, mual hingga muntah. Namun gejala nyeri dada yang timbul tidak hanya saat bernapas.

Kondisi - kondisi di atas harus ditemukan diagnosanya melalui konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat agar menjaga tubuh tetap fit.

 

Salam sehat

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang yang mudah kenyang bisa jadi terkena gangguan sistem pencernaan

Makan Sesuap Langsung Kenyang? Mungkin Ada Gangguan Sistem Pencernaan

Ketika orang dengan mudah merasa kenyang hanya sesaat setelah mulai makan, bisa jadi ada gangguan sistem pencernaan. Salah satu penyebabnya adalah kerusakan saraf yang mengontrol pergerakan otot di perut.