Kenapa rambut saya mudah rontok?

MP Info Penanya: MP, Pria
Selamat malam. Saya masih 24 tahun, tapi rambut saya sudah rontok, agak parah, terutama di bagian depan hampir botak, mohon solusinya dok. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamas Siang MD,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Rambut rontok merupakan suatu kondisi dimana lepasnya rambut secara berlebihan. Rambut rontok dikatakan normal apanila rontok sebanyak 50-100 helai setiap hari. Dikatakan tidak normal apabila rambut rontok lebih dari 100 helai perhari.

Beberapa penyebab dari rambut rontok adalah ketombe, sering mewarnai rambut, stress berlebihan, kurangnya nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral, perubahan hormon, faktor genetik dan kekurangan gizi.

Anda bisa mengatasi rambut rontok dengan beberapa cara di bawah ini :

  1. Lidah buaya oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala diamkan dan bilas setelah 15 menit
  2. Minyak zaitun oleskan pada kulit kepala dan pijat secara merata diamkan 30 menit, kemudian bersihkan dengan shampoo seperti keramas biasa
  3. Menggunakan sisir yang bergigi jarang
  4. Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari
  5. Tidur yang cukup dan hindari stress

Namun jika keluhan rambuh rontok Anda tidak kunjung berkurang, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit kelamin untuk penganganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika rambut rontok Anda berjumlah hingga 100 helai per hari, kondisi ini masih normal

Ini Jenis Rambut Rontok dan Penyebabnya, Anda Pernah Mengalaminya?

Kerontokan pada rambut menjadi hal yang mengganggu. Penyebab kerontokan adalah sel-sel lama didorong keluar melalui permukaan kulit. Terdapat 6 jenis kerontokan rambut.