Morning sickness berdarah, apa penyebabnya?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Pagi dok, sudah 2 hari saya mengalami morning sickness yang berbeda daripada biasanya. Kali ini ikut disertai dengan darah. Apa ya dok penyebabnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Morning sickness adalah mual-mual di pagi hari yang seringkali dijadikan pertanda seorang wanita mengalami kehamilan muda. Hal ini bisa terjadi akibat hormon kehamilan yang merangsang produksi asam lambung lebih banyak sehingga akan terasa mual, muntah, perut kembung, dan cepat kenyang. Namun adanya mual-mual di pagi hari bukan pasti seseorang 100% hamil.

Bila mual muntah yang Anda alami disertai dengan darah, maka bisa saja terjadi iritasi pada tenggorokan atau adanya perdarahan dari lambung. Yang perlu diperhatikan adalah apa warna darah Anda, apakah merah segar, atau cokelat kehitaman.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi morning sickness tersebut adalah:

  • Makan dengan porsi kecil namun sering. Tidak harus selalu makan nasi, Anda bisa memakan jagung, kentang, jus buah, pisang, alpukat, atau apel. Anda juga boleh membuat smoothie dari buah-buahan dicampur dengan susu. 
  • Minum air jahe hangat untuk meredakan mualnya.
  • Anda juga boleh meminum antacida agar tidak mual.
  • Hindari makanan pedas, asam, soda, kopi.

Lakukan pemeriksaan berkala ke dokter kandungan bila tips-tips di atas tidak mengurangi rasa mual Anda. Dan segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit bila Anda terasa sangat lemas akibat terlalu sering muntah.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes kehamilan dengan gula belum didukung penelitian yang kuat.

Tes Kehamilan dengan Gula, Mitos atau Fakta?

Tes kehamilan dengan gula mulai mendapatkan popularitas lewat internet. Bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan. Bagaimana cara kerjanya?