Kenapa perut seperti dijambak menjelang haid?

AR Info Penanya: AR
Selamat sore dok, saya mau tanyaIstri saya sebelum mens itu perutnya kok sakit seperti di jambak jambak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Ketika wanita menjelang haid, akan muncul berbagai keluhan yang disebut dengan istilah Premenstrual Syndrome (PMS), keluhan yang sering dialami adalah nyeri perut bagian bawah, terasa mulas seperti diremas-remas, berat ringannya nyeri tergantung dari ketahanan masing-masing individu. Selain itu akan muncul keluhan payudara menjadi lebih tegang sehingga timbul rasa nyeri ketika disentuh, menjadi lebih sensitif dalam artian mudah marah atau menangis.

Namun bila nyeri perut menjelang haid dirasakan berlebihan, maka perlu diwaspadai adanya kemungkinan-kemungkinan lain yang menyertainya seperti adenomiosis, endometriosis, radang panggul, dll.

Untuk mengurangi nyeri perut tersebut, istri Anda dapat mengompres dengan air hangat pada bagian perut yang nyeri, minum paracetamol untuk membantu meredakan nyeri, lakukan relaksasi dengan yoga.

Bila keluhan menetap atau bertambah berat, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.