Kenapa perut mules dan mual?

GD Info Penanya: GD
Malam dok,saya mau tanya dari hari minggu perut saya udh ga enak trs mual tp belum muntah dan skrg sakitnya lanjut lagi bahkan sampai muntah 4 kali pas saya search di google katanya usus besar saya yg kena,apakah itu benar?dibulan september saya jg pernah sakit dibagian usus,terima kasih dok udh di jawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi GD,

Mual dan perut sakit adalah gejala yang timbul ketika saluran pencernaan mengalami gangguan, penyebabnya bisa dipicu beragam hal dimana yang tersering adalah karena gaya hidup sehari-hari seperti kebiasaan terlambat makan, melewatkan makan terutama sarapan, stres, ataupun juga konsumsi makanan yang mengiritasi pencernaan seperti makanan pedas, asam, berlemak ataupun berminyak.

Letak usus besar sendiri cukup jauh jadi kemungkinan tersebut lebih jarang, karena pemicunya tersering karena peningkatan asam lambung, adanya luka di lambung dan usus, ataupun terjadi infeksi di saluran pencernaan. 

Untuk mengatasi mual dan muntah sementara bisa mengonsumsi antasida sebelum makan, konsumsi jahe, dan juga perbanyak minum agar mencegah dehidrasi, makan dengan porsi kecil tetapi sering, dan upayakan mengonsumsi makanan yang lebih mudah dicerna. Jika muntah terus berlanjut dan nyeri makin dirasa ataupun disertai diare segera periksakan diri agar mendapatkan penanganan oleh dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Satu isapan rokok mengandung sebanyak 70% tar yang dapat mengendap di paru-paru.

3 Zat Beracun dalam Rokok Ini Bisa Ancam Nyawa

Zat beracun dalam rokok yang dikenal paling berbahaya,yaitu nikotin, tar, karbon monoksida. Selain itu, zat berbahaya lainnya yaitu, arsen, amonia, aseton,dsb.