Kenapa perut mulas saat malam tidak makan nasi?

IJ Info Penanya: IJ, Pria
Dok saya mau tanya.malam saya g makan nasi.tapi cuma minum milo.paginya kenapa perut saya mules ya dok.terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IJ,

Perut mulas timbul karena beragam hal. Penyebab perut mulas adalah gangguan pada saluran cerna seperti iritasi usus, penyakit asam lambung, penyakit maag, infeksi saluran pencernaan, diare dan lainnya. Saat malam hari tidak makan nasi dan hanya minum susu bisa memicu peningkatan asam lambung karena perut kosong dan minuman coklat yang memicu produksi asam lambung sehingga menimbulkan perut mulas. 

Selain itu juga bisa timbul karena iritasi minuman cokelat pada saluran pencernaan yang bisa ditandai dengan perubahan frekuansi dan konsistensi feses seperti menjadi lebih cair. Untuk mengatasinya bisa mengompres bagian yang mulas atau nyeri dengan kompres hangat, perbanyak minum air putih, makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering, hindari melewatkan waktu makan atau bisa mengonsumsi antasida 15 - 30 menit sebelum makan. Jika tidak ada perbaikan atau timbul diare segera periksakan diri pada dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum Antibiotik untuk Atasi Diare? Belum Tentu Efektif, Lho

Anda mungkin mengira bahwa semua penyakit dapat disembuhkan oleh antibiotik. Faktanya, antibiotik bukanlah obat mujarab serbaguna, karena tidak semua penyakit dapat diatasi dengan antibiotik. Hal ini juga berlaku untuk penyakit diare, tidak semua jenis diare dapat ditanggulangi dengan antibiotik untuk diare. Antibiotik untuk diare hanya bisa diberikan untuk diare yang disebabkan oleh bakteri atau parasit.