Kenapa perut kanan bawah terasa sakit?

OL Info Penanya: OL, Pria, 38 Tahun
Perut bagian kanan paling bawah terasa sakit, mrasa ingin kentut n stelah kentut rasanya plong hilang sakitnya ... Itu kenapa yaaa ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore OL, 

Sakit perut kanan bawah adalah rasa sakit yang dapat timbul karena gangguan yang dipicu oleh organ pencernaan seperti usus buntu, iritasi usus, konstipasi atau sembelit, obstruksi usus, ataupun karena organ lain seperti gangguan pada saluran kemih, gangguan pada organ reproduksi, keluhan otot dan saraf dan penyebab lainnya.

Jika rasa sakit perut kanan bawah disertai demam, mual atau muntah, nyeri perut hebat, diare atau sembelit, maka perlu segera diperiksakan karena bisa menjadi kegawatan salah satunya karena kolik ataupun iritasi pada usus buntu yang memerlukan tindakan segera.

Perhatikan jika ada kesultian sulit buang air besar maka perlu memperhatikan asupan makanan lebih banyak serat dengan mengonsumsi sayur dan buah, banyak minum air putih, kompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat atau dingin dan segera periksakan diri pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan tambahan seperti lab darah, USG dan lainnya sesuai indikasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit perut saat hamil adalah tanda dari suatu kondisi seperti keguguran, hingga kehamilan ektopik

Bagaimana Cara Membedakan Kondisi Sakit Perut saat Hamil yang Normal dan Berbahaya?

Sakit perut saat hamil adalah kondisi yang umumnya terjadi, sehubungan dengan bertambah besarnya ukuran rahim. Sakit perut saat hamil biasanya disebabkan oleh nyeri akibat peregangan, kembung, dan sembelit. Sakit perut saat hamil juga dapat disebabkan oleh kondisi berbahaya, seperti kehamilan ektopik, terlepasnya plasenta, dan keguguran.