Kenapa perut kanan bawah sakit setelah melahirkan anak ketiga?

DS Info Penanya: DS, Wanita, 35 Tahun
Permisi dok,saya mau tanya..sejak melahirkan anak ketiga perut saya sering sakit dibagian kanan bawah bahkan kadang kesusahan saat bangun dari tidur dok.sudah usg katanya semua normal,saya tidak datang bulan sampai anak usia 3thn.kemarin dari pusar tiba2 keluar sedikit cairan seperti nanah dan berbau dok. Kira2 itu kenapa ya dok?makasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DS,

Keluhan nyeri pada perut kanan bawah bisa disebabkan oleh :
  1. Usus buntu kronis.
  2. Radang usus besar.
  3. Radang panggul.
  4. Kista ovarium.
  5. Paska operasi perut misal caesar.

Apakah selama 3 tahun tidak haid ini akibat Anda sedang menggunakan alat kontrasepsi? Jenis kontrasepsi apa yang sedang Anda gunakan?

Untuk keluhan mendadak keluar cairan dari pusar bisa disebabkan adanya infeksi pada daerah pusar akibat trauma seperti garukan yang tidak disadari dan terinfeksi oleh bakteri.

Bila keluhan terus berlangsung, sebaiknya Anda melakukan USG ulang dengan dokter yang berbeda. Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter kandungan atau ke dokter spesialis penyakit dalam.

Yang harus Anda lakukan adalah menjaga kebersihan badan terutama pusar, hindari mengorek pusar, oleskan salep antibiotik pada pusar, namun sebaiknya tetap lakukan pemeriksaan ke dokter. Untuk mengurangi keluhan nyeri perutnya Anda dapat melakukan kompres air hangat, dan hindari makanan pedas dan asam yang merangsang gerakan usus.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada bahan-bahan alami yang bisa Anda coba sebagai pengganti obat sakit perut melilit

7 Bahan Alami Pengganti Obat Sakit Perut Melilit

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, baik itu dalam bentuk kram, mual, dan diare. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa makanan dan minuman ini, sebagai pengganti obat sakit perut melilit.