Kenapa perih saat BAK post berhubungan intim?

I Info Penanya: I
Dok, saya mempunyai keluhan yang ingin saya tanyakan.Saya sudah mengalaminya sekitar 1 mingguan. Setelah saya berhubungan intim sewaktu BAK kok perih dan panas. Gejala sakit apa ya dok? Gimana mengobatinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang I,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ,

Kencing terasa sakit terasa perih dan panas dalam istilah medis disebut dengan disuria bisa di sebabkan beberapa penyebab diantaranya :

  1. Iritasi atau peradangan
    Iritasi atau luka pada area genital dan saluran kemih, kondisi ini diakibatkan karena gesekan permukaan kulit organ intim saat beraktivitas seksual. Terjadi akibat aktivitas seksual dilakukan tanpa foreplay atau dilakukan dengan kasar. Selain dari iritasi kulit beberapa penyebabnya bisa dari penggunaan sabun, pembalut dan pakaian yang dapat memicu iritasi, dan juga kegiatan akivitas sehari-hari seperti kebiasaan olahraga yang berat.
  2. Infeksi Saluran Kemih
    Merupakan salah satu penyakit yang sering menimbulkan gejala kencing sakit setelah berhubungan intim. Kebiasaan menahan buang air kecil dan kurang menjaga kebersihan menjadi faktor meningkatkan risiko terjadinya ISK pada wanita.

Cara mengatasi kencing sakit setelah berhubungan intim adalah menjaga kebersihan organ intim dan memperbanyak minum air putih.

Pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah :

  • Lakukan seks yang sehat dan aman
  • Lakukan foreplay sebelum berhubungan intim, untuk memancing produksi cairan agar penetrasi berjalan lebih mudah
  • Selalu bersihkan alat kelamin dan sekitarnya, sebelum atau sesudah berhubungan intim

Jika dengan cara-cara diatas keluhan Anda belum juga membaik dan bertambah dengan keluhan lain seperti demam, nyeri pinggang segera konsultasi lebh lanjut ke dokter spesialis urologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersantai di ranjang atau langsung tidur setelah berhubungan seks ternyata bisa merugikan kesehatan

10 Kebiasaan Sehat yang Penting Dilakukan Setelah Berhubungan Intim

Berikut kebiasaan baik setelah berhubungan intim agar pasangan tetap sehat yaitu, mencuci tangan, membersihkan area genital, berkumur, mengganti seprei dsb.