Kenapa pasca melahirkan seperti keluar cairan kencing?

N Info Penanya: N
Selamat sore dok,saya mau tanya dok ,setelah saya melahirkan knp yah cairan seperti kencing terus keluar,terasa keluar saat sedang beraktifitas tertentu..pindah posisi gerak saat jongkok saat mau duduk..malah sekarang sudah hampir 3 bulan..kira2 normal gak dok..tolong solusinya dok..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Keluar cairan seperti kencing adalah kondisi yang dapat timbul pasca melahirkan atau pasca tindakan seperti operasi di area panggul. Hal ini disebut dengan inkontinensia urine atau ketidakmampuan otot di saluran kemih untuk menahan keluarnya air kencing.

Hal ini bisa dipicu oleh kandung kemih yang penuh, adanya tekanan seperti batuk, bersin, tertawa, perubahan posisi, ataupun bisa sama sekali tidak bisa menahan berkemih sehingga bisa mengompol.

Untuk itu ada baiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis urologi untuk mengatasi penyebabnya. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksan urine, USG, sistoskopi ataupun pemeriksaan lain. Nantinya penanganan dapat dilakukan dengan latihan otot panggul untuk bisa menahan kemih atau senam kegel, latihan menahan keinginan berkemih, dan hindari beberapa makanan dan minuman yang memicu inkontinensia seperti kafein atau alkohol. Obat-obatan juga bisa diberikan sesuai dengan kondisi yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.