Kenapa paha sakit seperti ditusuk-tusuk?

DN Info Penanya: DN, Pria, 35 Tahun
saya pria umur 36 th,mau bertanya,kenapa paha saya kadang suka sakit seperti di tusuk-tusuk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DN,

Keluhan paha sakit seperti ditusuk-tusuk adalah gejala yang bisa timbul dikarenakan adanya gangguan baik pada otot, tulang, sendi, ligamen, pembuluh darah ataupun persarafan baik pada area paha ataupun di tulang belakang. Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari aktivitas fisik berat, cedera saat berolahraga, kram otot, adanya penyakit kulit sebelumnya seperti herpes, atau penyakit lain seperti neuropati.

Untuk mengurangi rasa nyeri dapat dilakukan beragam upaya seperti mengistirahatkan bagian paha yang nyeri, mengompres menggunakan kompres hangat atau dingin, letakan kaki lebih tinggi dari posisi tubuh, perbanyak minum air putih untuk menunjang kebutuhan elektrolit dan bisa menggunakan compression short jika beraktivitas untuk membantu pergerakan paha sehingga bisa menekan rasa nyeri.

Jika tidak ada perbaikan atau rasa sakit masih hilang timbul maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter agar diketahui penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kurangnya asupan cairan tubuh dapat memicu terjadinya kram otot

Penyebab Kram pada Otot yang Wajib Anda Ketahui

Kontraksi otot atau kram otot biasa terjadi di bagian paha, betis, perut, dan lengan. Salah satu pemicu dan penyebab umum yang dapat mengakibatkan kram adalah kelelahan.