07 Oct 2021, 15:17Penyakit Lainnya

Kenapa pada saat saya meminum air rebusan ketumbar kepala saya jadi pusing?

E
Info Penanya: E0
Dokter, katanya rebusan air ketumbar baik untuk mendektoks tubuh. Namun, setelah saya minum kenapa kepala saya sakit ya. Apakah sakit kepala termasuk salah satu efek minum rebusan ketumbar? Apa penyebab dari kondisi ini? Lalu bagaimana cara mengatasinya?
588 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Detox atau detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dalam tubuh yang dapat berasal dari radikal bebas misalnya makanan yang mengandung pewarna buatan, asap, debu atau polusi udara, maupun dari produk berbahan kimia yang terpapar pada tubuh sehari-hari. Racun dalam tubuh ini lama-lama dapat mengendap dan menurunkan fungsi tubuh sehingga penting untuk melakukan detoksifikasi agar tubuh bersih dari racun tersebut.

Ketumbar untuk detoks menyebabkan sakit kepala

Untuk adanya keluhan sakit kepala setelah minum rebusan ketumbar, dapat terjadi karena konsumsi air rebusan ketumbar yang berlebihan. Ketumbar dapat menyebabkan beberapa efek samping, beberapa diantaranya adalah
  • mual dan muntah
  • sakit kepala
  • sakit perut
  • reaksi alergi dan hipersensitivitas
Ketumbar juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah sehingga jika Anda memiliki tekanan darah rendah atau menggunakan obat untuk menurunkan tekanan darah Anda maka tekanan darah yang terlalu rendah maupun gula darah yang terlalu rendah inilah yang dapat menyebabkan sakit kepala. Hentikan konsumsi rebusan ketumbar jika merasakan efek samping tersebut lalu kunjungi dokter terdekat untuk cek gula darah dan tekanan darah. Perbanyak istirahat, minum air putih, dan konsumsi makan bergizi untuk mengembalikan kondisi tubuh, serta atasi sakit kepala dengan konsumsi satu tablet obat paracetamol setelah makan jika keluhan tidak juga berkurang dengan istirahat.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
makanan sehatnutrisisakit kepala
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil