Kenapa nyeri menelan di pagi hari?

EC Info Penanya: EC, Wanita, 7 Tahun
Dok kenaapa ya setiap bangun pagi tenggorokan sayaa terasa sakit ketika menelan sesuatu misalnya menelan air pada saat mau minum itu kerasa sakit dan sperti ada yg mengganjal.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore EC,

Nyeri menelan di pagi hari dapat merupakan suatu gejala dari salah satu berikut:

1. GERD (asam lambung naik ke tenggorokan). Penyebabnya ialah keturunan ada kelemahan otot yang berfungsi mengosongkan makanan dari kerongkongan ke lambung, kegemukan, kebiasaan langsung makan setelah tidur sehingga makanan tidak tuntas turun, dan konsumsi banyak lemak, kopi, dan pedas. Ciri khasnya ialah rasa panas di dada menjalar ke atas, nyeri menelan, dapat disertai batuk karena iritasi pita suara, dapat juga muntah.

2. Tonsilitis atau pembengkakan amandel akibat virus atau bakteri yang menyebar dari orang sekitar ketika batuk atau bersin. Kuman masuk lewat udara dan sebagai reaksi tubuh, amandel membesar untuk melawan kuman penyakit yang lewat.

3. Peradangan pada dinding-dinding lidah, langit-langit, sampai ke kerongkongan. Gejalanya rasa perih dan dapat juga disertai sariawan. Penyebab iritasi mukosa ialah bumbu penyedap yang berlebihan, makanan terlalu panas, makanan keras seperti kerupuk, gorengan, dll juga makanan terlalu manis.

Untuk mengetahui penyebab pasti sebaiknya memeriksakan ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi umum, kondisi tenggorokan, dan kondisi perut.

Tips yang dapat dilakukan di rumah ialah sbb:

  1. Minum air biasa jangan air dingin atau es
  2. Hindari makanan yang mengiritasi seperti pedas, gorengan, dan banyak penyedap
  3. Jaga daya tahan tubuh dengan tidur cukup dan makan sayur dan buah yang kaya vitamin C dan mineral.
  4. Jangan langsung tidur setelah makan besar, tunggu minimal 1 jam.
  5. Kurangi stres, kopi, rokok, alkohol, santan, dan makanan asam karena dapat memicu produksi asam lambung.

Bila keluhan menetap, ada pendarahan ketika batuk atau meludah, atau muncul demam, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT atau dokter umum untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala asal lambung naik yang paling umum terjadi adalah heartburn

Kenali 7 Gejala Asam Lambung Naik agar Bisa Diatasi dengan Tepat

Gejala asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) bisa ringan dan parah. Mulai dari heartburn, mulut terasa asam, rasa pahit di belakang mulut, kesulitan menelan, hingga batuk-batuk. Meski tidak bisa disembuhkan, GERD bisa dikendalikan agar tak terus mengganggu penderitanya.