Kenapa nyeri dan bengkak di area dekat siku?

AS Info Penanya: AS, Pria
Dok, lengan kanan saya bengkak dekat siku tangan (kurang lebih 3 cm diatas siku) dibagian dalam (otot bisep). saya ga ngerti penyebabnya juga apa, yg jelas ini bengkak, agak panas jika dipegang, dan sakit berdenyut jika kena sentuhan dengan anggota badan lain atau benda (meja, dll). ukuran bengkak hampir sebesar telur ayam & agak memerah. agak ngilu kalau sedang meluruskan tangan atau sedang mengambil barang yg agak berat.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AS,

Keluhan nyeri pada area lengan adalah salah satu kondisi yang bisa timbul apabila ada gangguan pada otot, sendi, ligamen, tendon ataupun akibat keluhan lain di kulit seperti misalnya infeksi kulit. 

Adanya rasa panas, nyeri, bengkak, gerakan lengan menjadi terbatas adalah merupakan tanda adanya peradangan. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter agar dipastikan penyebabnya. Untuk sementara kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin, hindari memberi beban pada lengan yang nyeri dan istirahatkan, minum obat pereda nyeri seperti paracetamol jika diperlukan.

Nantinya penanganana akan disesuaikan dengan penyebabnya. Dokter juga bisa melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, USG atau pemeriksaan lain jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh S
09 Feb 2020, 02:20
dok...saya hobby maen badminton...cuma akhir2 ini siku saya terasa ngilu..kalo di tekan pada tulang siku terasa sakit...terima kasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manajemen nyeri akan diberikan ketika seorang pasien merasakan sakit yang signifikan atau berkepanjangan

Manajemen Nyeri, Prosedur Saat Rasa Sakit Tak Tertahankan

Manajemen nyeri beragam jenisnya, bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri yang sampai mengganggu aktivitas penderita. Tim medis akan melakukan evaluasi, rehabilitasi, dan menolong pasien yang merasakan nyeri.