Kenapa muncul kemerahan setelah mencukur?

MR Info Penanya: MR, Pria, 18 Tahun
Dok saya mau tanya,Kaka saya merasa risih dengan daun telinganya yang tumbuh bulu-bulu halus,dan dia mencoba mencukurnya,tapi sekarang dia merasakan gatal-gatal dan juga memerah di telinganya-nya tersebut,,bagaimana cara mengatasinya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MR,

Munculnya bulu-bulu halus pada telinga seringkali disebabkan oleh kandungan hormon androgen yang berlebihan di dalam tubuh. Namun kemunculan bulu-bulu halus yang berlebihan seringkali mengganggu penampilan dan menyebabkan pemiliknya merasa risih dan ingin menghilangkannya.

Yang kakak Anda lakukan adalah menghilangkan bulu-bulu halus tersebut dengan cara mencukurnya dan sekarang muncul masalah baru dimana daun telinga menjadi gatal dan kemerahan yang menunjukkan adanya tanda-tanda iritasi kulit yang mungkin disebabkan oleh mencukur dengan pisau yang terlalu tajam dan terlalu dalam, sehingga merusak lapisan terluar kulit.

Yang dapat kakak Anda lakukan adalah mengoleskan pelembab dengan kandungan petroleum jelly, atau mengoleskan salep kortikosteroid ringan pada daun telinga yang gatal.

Bila dalam beberapa hari keluhan tidak menghilang atau bertambah parah, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sengatan lebah umumnya meninggalkan bentol dan bengkak pada kulit

Mengobati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Sengatan lebah dapat menimbulkan bekas luka berupa benjolan dan bengkak yang terasa sakit. Pada sebagian besar kasus, mengobati sengatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan obat-obatan yang dijual bebas maupun bahan alami.