Kenapa muncul kemerahan setelah demam?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 20 Tahun
Mau tanya anak habis demam kok keluar bintik merah kenapa ya? Bahaya atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Demam merupakan reaksi tubuh sebagai tanda adanya infeksi di dalam tubuh. Banyak penyakit yang menyebabkan demam seperti demam berdarah, demam tifoid, campak, cacar air, rubella, dll. Pada beberapa penyakit selain demam juga bisa ditandai dengan munculnya ruam-ruam kemerahan atau benjolan-benjolan kemerahan yang lambat laun berisi cairan. Selain itu bintik-bintik merah di kulit  bisa disebabkan oleh adanya pembuluh darah kapiler yang pecah akibat demam berdarah, atau garukan yang terlalu kencang. Pada campak selain demam akan ditandai dengan ruam kemerahan yang awalnya muncul di belakang telinga dan menyebar ke seluruh tubuh. Banyak kemungkinan yang menyebab muncul bintik atau bercak kemerahan setelah demam atau muncul bersamaan ketika demam, maka sebaiknya ibu segera memeriksakan anaknya ke dokter anak untuk penanganan yang tepat.

Namun untuk sementara waktu ibu bisa memberikan asupan protein, sayur dan buah lebih banyak ke anaknya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, dan bila bintik-bintik merah menimbulkan gatal bisa diberikan bedak salisil untuk mengurangi rasa gatalnya, serta perbanyak minum air putih.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus campak seperti rubeola merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan

Waspadai Penularan Virus Campak pada Bayi dan Anak, Ini Cara Penanganannya!

Virus campak seperti rubeola, morbili, measles merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan dan menyebabkan infeksi sistemik. Virus ini memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi.