Kenapa mudah terasa dada sesak?

FI Info Penanya: FI, Pria, 21 Tahun
Kenapa dada mudah sesak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FI,

Dada yang terasa sesak adalah tanda adanya gangguan yang timbul di area sekitar dada dan perut bagian atas. Pemicunya bisa beragam mulai darai gangguan pada saluran cerna seperti akibat maag, penyakit asam lambung, gangguan pernapasan, gangguan jantung ataupun organ lain pada area tersebut seperti pankreas atau empedu. Selain itu benturan pada dada dan faktor psikis juga bisa menjadi penyebab sesak.

Untuk itu penting memperhatikan pola hidup sehari-hari karena tidak jarang rasa sesak timbul karena kebiasaan sehari-hari, contohnya seperti kebiasaan sering terlambat makan, kurang istirahat, stres, kurang minum, asupan makanan yang kurang bernutrisi, ataupun karena kebiasaan seperti merokok atau paparan lingkungan contohnya debu, asap rokok, polusi udara dan lainnya.

Upayakan untuk makan teratur, perbanyak minum air putih, cukup istirahat, kelola stres dengan baik, dan juga periksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebab sesak yang timbul. Dokter akan melakukan pemeriksaan mulai dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen, rekam jantung ataupun pemeriksan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Denyut nadi normal lansia saat beristirahat adalah 60-100 kali per menit.

Berapa Sebenarnya Detak Jantung Normal pada Lansia?

Aritmia adalah penyakit yang mengakibatkan detak jantung tidak normal dan tidak teratur yang sering menyerang lansia. Denyut nadi normal lansia saat beristirahat adalah 60-100 kali per menit.