Kenapa mual setelah minum kopi?

F Info Penanya: F
Dok saya mau tanya setelah tadi sore saya minum es kopi pas tengah malam ko perut terasa mual,dan kembung,susah tidur,gimana cara mengatasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi F,

Mual setelah minum kopi adalah kondisi yang bisa timbul karena peningkatan asam lambung. Dimana kondisi ini bisa dipicu oleh kafein yang ada di dalam kopi. Selain menimbulkan gangguan pada perut, kopi juga bisa memicu kondisi lain seperti menjadi berdebar, gemetar atau tremor, peningkatan tekanan darah, sulit tidur, ataupun juga menjadi lebih sering buang air kecil.

Untuk itu perlu menghindari mengonsumsi kopi berlebih maksimal 2 cangkir adan hindari mengonsumsi kopi di saat perut kosong. Bisa juga mengonsumsi kopi tanpa kafein atau decaff atau jika perlu hindari kopi sama sekali dan minuman lain yang mengandung kafein seperti minuman bersoda, cokelat dan lainnya.

Untuk sementara bisa konsumsi antasida sebelum makan, perbanyak minum air putih dan jaga asupan makanan agar mengurangi mual dan kembung yang tidur. Jika keluhan masih berlanjut dapat memeriksakan diri pada dokter untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Celiac disease menyerang usus halus

Celiac Disease Adalah Penyakit Dengan 5 Gejala Berikut Ini

Celiac disease adalah penyakit yang bisa menimbulkan kerusakan pada usus. Mengenali gejala sejak dini merupakan kunci utama dalam menangani penyakit ini.