21 Sep 2021, 17:36Penyakit Lainnya

Kenapa minum susu setelah makan seafood tidak boleh?

P
Info Penanya: P0
Dok, saya salah satu penggemar seafood. Hampir setiap minggu saya pastikan mengonsumsi makanan laut ini. Lalu, pernah sekali saya makan seafood dan langsung minum susu UHT. Namun, sehabis itu saya langsung muntah dan pusing. Apakah benar, minum susu setelah makan seafood tidak dianjurkan? Apa efek samping dari minum susu setelah makan seafood?
579 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore PProtein memiliki banyak sekali jenis dan bisa berbeda-beda pada setiap makanan yang dikonsumsi. Salah satu sumber protein yang sering dikonsumsi adalah daging, ayam, telur, makanan laut (seafood), kacang-kacangan dan sebagainya.

Minum Susu Setelah Makan Seafood

Kemudian muncul mitos dimana setelah konsumsi seafood tidak boleh minum susu yang bisa memicu alergi atau keracunan. Padahal hingga kini belum ditemukan bukti secara ilmiah bahwa adanya interaksi susu dengan makanan laut yang bisa memicu efek atau dampak buruk apda kesehatan.Justru sebaliknya, minum susu setelah mengkonsumsi makanan laut atau seafood dapat melengkapi kebutuhan protein harian yang penting untuk perbaikan sel-sel tubuh. Namun hal yang perlu anda perhatikan adalah adatidaknya kemungkinan alergi atau intoleransi terhadap susu maupun seafood.Ciri-ciri mengalami alergi bisa berupa kemerahan dan betol-bentol pada kulit, bengkak di bagian wajah, hingga sesak dan bisa syok. Sedangkan intoleransi memiliki gejala diare, mual, muntah, perut kembung dan nyeri.

Mengatasi Mual, Muntah Dan Pusing Setelah Makan Seafood

Mual, muntah dan pusing yang anda alami setelah minum susu dan seafood bisa dikarenakan GERD karena konsumsi makanan dengan jumlah berlebihan, makanan tinggi lemak, atau mengiritasi. Bisa juga karena keracunan atau intoleransi makanan. Untuk mengatasi keluhan anda bisa dengan:
  • mengkonsumsi air putih atau air lemon dan jahe untuk meredakan mual
  • minum penetral asam lambung seperti antasida dan paracetamol untuk meredakan pusing
  • hindari makanan atau minuman yang mencetuskan alergi atau intoleransi
  • Hidnari makanan berlemak atau kolesterol tinggi, pedas, asam, alkohol dan rokok
  • makan secara perlahan, teratur dan secukupnya
Bila dengan cara-cara di atas keluhan anda tidak membaik, maka berkonsultasilah ke dokter penyakit dalam untuk menanganinya.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
proteinmakanan sehatintoleransi laktosaalergi seafood
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil