Kenapa merasa sering putus asa?

JI Info Penanya: JI, Wanita, 17 Tahun
Halo dok, kenapa akhir" ini saya sering merasa putus asa, walaupun sedang tidak ada masalah, dan sampai sekarang rasanya saya ingin mengalami koma, saya merasa ingin istirahat panjang, tapi gamau mati
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JI,

Kesehatan mental merupakan kondisi dimana mengalami kesejahteraaan secara psikologis dimana kondisi mental bisa menimbulkan gejala fisik ataupun perubahan terhadap keseharian. Penyebabnya bisa beragam seperti stres, permasalahan sosial, ekonomi, permasalahan sehari-hari dan lainnya.

Jika saat ini sering mengalami putus asa, kehilangan semangat, ataupun rasa tidak percaya diri perlu dinilai apa yang menjadi pemicunya. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah berbagi cerita mengenai kondisi yang dialami agar membantu melegakkan perasaan dan menyelesaikan permasalahan, alihkan pikiran pada hal yang lebih positif, lakukan olahraga untuk menyalurkan energi, terlibat pada kegiatan baru agar dapat berinteraksi dengan orang-orang baru sehingga menimbulkan semangat baru, lakukan hobi yang disenangi dan juga bisa berkonsultasi pada profesional seperti psikiater atau psikolog jika keluhan menetap dimana bisa menimbulkan depresi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit jantung dan kesehatan mental adalah penyakit yang saling memengaruhi satu sama lain

Hubungan Penyakit Jantung dan Kesehatan Mental Ternyata Sangat Erat

Penyakit jantung dan kesehatan mental ternyata saling memengaruhi satu sama lain. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental berisiko terkena penyakit jantung, begitu juga sebaliknya.