Kenapa merasa cepat lelah dan mata terasa berat?

PT Info Penanya: PT, Wanita
Dokter akhir akhir ini mata saya sering terasa cepat lelah dan terasa berat seperti mata sayu? Bawaanya ngantuk, padahal masih pagi Apa penyebab utamanya? Dan mohon solusinya dokter :)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore PT,

Keluhan mudah lelah dan mata terasa berat bisa disebabkan oleh beragam hal mulai karena kurang istirahat, kurang tidur, kualitas tidur yang kurang baik, kondisi kesehatan yang menurun, gangguan psikis seperti depresi, cemas, stres sehingga menurunkan konsentrasi dan mengganggu istirahat.

Untuk itu perlu merubah gaya hidup agar cukup beristirahat, perbaiki pola makan, memperbaiki kualitas tidur, olahraga teratur, cukupi kebutuhan cairan tubuh dan juga perlu kelola stres dengan baik. 

Upayakan juga untuk melakukan relaksasi seperti mandi air hangat, latihan pernapasan, melakukan pijat ringan, atau sekedar mengambil cuti agar bisa menyegarkan kembali tubuh dan pikiran agar bisa kembali beraktivitas dengan penuh semangat. Jika masih sulit juga bisa memeriksakan diri pada dokter agar dilakukan evaluasi apa yang menjadi penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sleep paralysis identik dengan ketindihan dan hal-hal mistis lainnya, tetapi penyebab susah tidur ini bisa diatasi secara ilmiah

8 Cara Terhindar dari Ketindihan Saat Tidur

Sleep paralysis atau kelumpuhan saat tidur selalu dikaitkan dengan ketindihan, tetapi secara ilmiah, penyebab susah tidur ini bukanlah karena makhluk tak kasat mata dan bisa diatasi dengan beberapa cara yang mudah dilakukan.