Kenapa menjelang haid perut terasa penuh?

JN Info Penanya: JN, Wanita, 24 Tahun
Haai dok. Umur saya 14thn akhir" ini sya ngerasa ada yg aneh. Waktu itu saya pernah telat haid 2bln. Krna itu juga sya sedang sakit 2hari. Alhamdulillah bln oktober sya sdah datang haid. Tapi knpa pas mau menjelang bulan november perut saya buncit. Dan skarang bagian payudara sya agak membesar gitu. Pas saya teken saya jadi enek di tengorokan gtu. Tlg dng dok jawab. Saya takut krna klo di kira" yg ngga" sya juga gapernah samasekali ngelakuin hal yg ga di ingin kan. Plisss dok jawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam JN,

Terlambat haid pada seorang wanita bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti stres, kelelahan, berat badan tidak ideal, endometriosis, PCOS, dll.

Sedangkan menjelang haid dikenal istilah PMS (Pre Menstrual Syndrome) dimana ditemukan keluhan berupa gangguan emosi berupa lebih sensitif, mudah marah, mudah menangis, payudara terasa lebih tegang dan terasa nyeri bila disentuh, perut terasa membesar dan seperti penuh, gampang lapar sehingga kadang mual. Keluhan-keluhan ini akan menghilang dengan sendirinya beberapa saat ketika atau setelah haid.

Keluhan yang Anda rasakan sangatlah wajar, dan Anda tidak perlu khawatir bila memang tidak pernah berhubungan seksual.

Untuk mengurangi kecemasan tersebut, Anda dapat mencatat siklus haid Anda, sehingga tau kapan keluhan PMS akan muncul. Bila haid Anda sering tidak teratur atau selama 3 bulan berturut-turut tidak haid, maka sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.