Kenapa mata seperti melihat bayangan hitam?

AY Info Penanya: AY, Wanita, 42 Tahun
malam dokter saya mau tanyak mata saya Sebelah Kiri tu kalau tuk Lihat tu kayak ada batsman hitam gitu. trs tensi sarah saya jug agar tinggi 150per 90.mohon pentunjukya. saya ibu yuli dar Trenggalek
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AY,

Berdasarkan cerita Anda, kemungkinan bayangan yang Anda lihat adalah floaters. Floaters adalah bayangan berupa bintik-bintik kecil yang melayang-layang pada bagian mata, bayangan ini akan semakin jelas bila Anda melihat benda-benda yang terang atau dengan dasar putih. Floaters ini berhubungan dengan faktor usia tua, ada riwayat operasi mata, atau ada peradangan pada mata.

Pada umumnya floaters ini tidak berbahaya, dan seringkali akan menetap, namun bila mendadak muncul pandangan gelap, atau bayangan semakin banyak, tampak kilatan cahaya maka perlu diwaspadai karena bisa saja terjadi robekan retina yang akan berakhir dengan kebutuhan. Anda perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk memastikan kondisi mata Anda.

Bila memang Anda menderita floaters, maka dokter mata akan meresepkan obat tetes mata yang perlu dipakai secara rutin maksimal 3 bulan. Setelah pemakaian 3 bulan, bila masih tampak ada bayangan-banyangan, maka bayangan tersebut akan menetap.

Perihal tekanan darah Anda yang agak tinggi, Anda perlu mengurangi asupan garam, makanan kaleng, dan meminum obat hipertensi dengan dosis kecil dan lakukan kontrol tekanan darah secara berkala.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diuretik adalah obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan cairan dan garam dari tubuh

Mengenal Diuretik atau Pil Air, Salah Satu Lini Pertama Obat Hipertensi

Diuretik adalah salah satu obat yang kerap diresepkan dokter untuk menangani hipertensi. Disebut juga dengan pil air, diuretik pun terbagi atas beberapa jenis. Apa saja?