Kenapa mata minus jika melihat pagi lebih jelas tidak seperti malam?

FT Info Penanya: FT, Pria, 2019 Tahun
Kenapa ya mata saya minus, pas pagi ditempat dan jarak lihat yang sama agak jelas, dan pas sore tidak jelas tidak terbaca.Dan jika malam saya berkendara terasa gelap sekali saat cahaya masuk ke mata untuk mengatasi hal tersebut bagaimana ya, tanpa menggunakan kacamata
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FT,

Mata minus atau miopia adalah salah satu gangguan refraksi yang bisa menurunkan tajam penglihatan. Jika pada pagi hari lebih agak jelas dan sore hari lebih tidak jelas karena bisa disebabkan oleh beragam faktor mulai dari mata lelah, faktor penerangan yang berbeda ataupun adanya gangguan mata lain seperti rabun senja, gangguan retina ataupun gangguan mata lainnya.

Jika sudah mengetahui ada mata minus maka perlu menggunakan kacamata yang sesuai untuk mengoreksi tajam penglihatan. Perhatikan juga kegiatan sehari-hari seperti jika mengalami kelelahan karena banyak paparan dengan layar komputer ataupun gadget. Lakukan juga pemeriksaan mata berkala untuk menyesuaikan ukuran lensa agar mata terkoreksi dengan baik.

Langkah penanganan lain selain dikoreksi dengan kacamata atau penggunaan kontak lensa adalah dilakukan operasi untuk mengoreksi tajam penglihatan salah satunya dengan metode LASIK. Untuk itu periksakan mata pada dokter spesialis mata untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gerhana matahari cincin dapat dilihat menggunakan kacamata khusus

Ingin Lihat Gerhana Matahari Cincin? Ini Tips Agar Mata Tidak Rusak

Gerhana matahari cincin akan terlihat di langit Indonesia tanggal 26 Desember 2019. Fenomena ini menarik untuk disaksikan, tapi bisa berbahaya untuk mata apabila dilihat dengan cara yang kurang tepat.