Kenapa mata mendadak bengkak?

MD Info Penanya: MD, Wanita
Dok saya wanita,umur 23 tahun.Keluhan saya pada kelopak mata. Kelopak mata saya sering kali bengkak tanpa sebab.Setelah bengkak nanti saya merasa gatal pengen mengucek mata rasanya. Itu kenapa ia dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MDM,

Kelopak mata yang bengkak bisa disebabkan oleh:

  1. Hordeolum atau bintitan.
  2. Kalazion. Merupakan benjolan di kelopak mata akibat adanya sumbatan pada kelenjar Meibom. Benjolan ini bisa menghilang sendiri namun kadang bisa menetap dan membutuhkan penanganan dari dokter seperti suntikan kortikosteroid atau operasi.
  3. Gigitan serangga.
  4. Alergi.

Yang bisa Anda lakukan adalah mengompres kelopak mata yang bengkak menggunakan air hangat selama 10 menit, minimal 4 kali dalam sehari dan mengamati kapan munculnya bengkak tersebut, apa kelopak mata akan bengkak setelah makan makanan tertentu. Anda juga perlu menjaga kebersihan mata dengan cara hindari menyentuh mata dengan kondisi tangan kotor, rutin mencuci tangan, gunakan kacamata ketika aktivitas di luar ruangan untuk menghindari debu.

Bila bengkak semakin membesar, disertai dengan nanah, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter mata.

Salam sehat,

dr. Vina

L
20 Nov 2019, 11:34
Sangat informatif, terima kasih dokter.
MD
20 Nov 2019, 14:05
Terimakasih dok.Yang saya alami ini seperti habis gigitan serangga, pda hal tidak ada digigit serangga. Apakah ini berbahaya dok?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintitan dan kalazion memiliki perbedaan, yaitu tekstur dan penyebabnya

Bintitan dan Kalazion, Apa Bedanya?

Bintitan adalah benjolan kecil di kelopak mata yang menimbulkan rasa sakit, sedangkan Kalazion tumbuh di kelenjar minyak yang tersumbat di kelopak mata yang teksturnya kenyal tapi tidak sakit. Cara mengatasi bintitan dan kalazion tidak jauh berbeda, yaitu redakan dengan kompres hangat dan tidak memencet benjolan.