Kenapa lutut terasa sakit setelah jongkok lama?

FH Info Penanya: FH
salam dok, saya mengeluhkan lutut saya setelah jongkok lama itu terasa nyeri dan dibagian belakang ada garis yang merah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FH,

Melanjutkan pembicaraan sebelumnya, keluhan nyeri pada lutut setelah jongkok (misal ketika BAB) dalam waktu lama di usia belia merupakan hal yang sangat wajar terjadi akibat aliran darah tidak lancar selama Anda jongkok, sehingga ketika Anda bangun akan terasa nyeri atau kesemutan pada kaki, serta akibat pembuluh darah yang terjepit dapat timbul bercak kemerahan berupa garis lurus di kaki bagian belakang.

Hal tersebut akan diperberat bila Anda mengalami kelebihan berat badan, sering merokok, dan konsumsi alkohol.

Sedangkan keluhan nyeri lutut pada usia yang lebih tua dapat disebabkan oleh osteoartritis, rheumatoid artritis, tendinitis, dan cedera lutut lainnya.

Sementara usahakan jaga berat badan seideal mungkin sehingga menggurangi beban pada lutut dan kaki Anda, dan perbanyak konsumsi sayur dan buah sehingga kotoran dapat keluar dengan lancar sehingga Anda tidak perlu waktu terlalu lama untuk jongkok ketika BAB.

Bila keluhan menetap, sebaiknya periksa ke dokter tulang untuk foto rontgen lutut sehingga dapat diketahui secara pasti penyebab nyeri lutut yang Anda rasakan.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif biasanya jarang BAB karena ASI terserap secara sempurna

Jangan Heran, Bayi ASI Jarang BAB Itu Wajar

Frekuensi bayi buang air berbeda-beda, ada yang beberapa kali dalam sehari. Namun, bayi ASI jarang BAB karena kandungan dalam ASI bisa terserap sempurna.