Kenapa kulit terasa perih saat menggunakan sabun kojie san?

MF Info Penanya: MF, Pria, 20 Tahun
Siang dok, kenapa setelah memakai sabun kojiesan kulit terasa perih dan gatal?Bila begitu apakah masih boleh di lanjutkan pemakaian nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kojie san merupakan salah satu merek sabun yang banyak digunakan untuk mencerahkan kulit. Sabun ini mengandung kojic acid yang dimana kandungan tersebut dipercaya untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi cerah tetapi jika sudah lama dipakai, maka dapat menyebabkan kulit menjadi cepat gosong akibat terpapar sinar matahari jika tidak memakai lotion sebelumnya. 

Ketika Anda menggunakan sabun ini dan Anda mengalami gatal pada kulit, kemungkinan Anda alergi terhadap sabun tersebut. Alergi yang Anda alami bisa dikatakan dermatitis kontak. Dermatitis kontak merupakan suatu kondisi tipe eskim yang diakibatkan oleh zat tertentu sehingga menyebabkan kulit menjadi gatal, kering, dan teriritasi. Untuk mengatasinya, hentikan penggunaan sabun ini. Lalu, Anda bisa mengkonsumsi obat antihistamin, menggunakan losion calamine atau oleskan minyak  peppermint untuk mengurangi gatalnya, membersihkan kulit dengan sabun yang lembut, dan jangan menggaruk kulit yang gatal.

Jika tidak ada perubahan, saya sarankan untuk Anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan diberikan obat yang tepat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lakukan cara membasmi ulat bulu yang efektif agar hewan ini tidak muncul lagi

Cara Membasmi Ulat Bulu yang Alami, Apa Saja?

Cara membasmi ulat bulu bisa dengan bawang putih hingga cabai untuk mencegahnya kembali lagi. Selain itu, Anda juga perlu tahu pertolongan pertama jika terpapar ulat bulu.