Kenapa kulit muka saya sering kering dan kusam padahal sudah pake sabun muka?

BJ Info Penanya: BJ, Pria, 2019 Tahun
Dok kulit muka saya suka kering dan kusam padahal udah pake sabun muka Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi BJ,

Kulit wajah yang kering dan kusam dapat disebabkan banyak faktor, Antara lain:

  • perubahan usia
  • paparan sinar matahari
  • hormonal
  • dll

Pada dasarnya seiring pertambahan usia, kulit memang mengalami berbagai perubahan, antara lain semakin kering, semakin tidak kenyal, dan tidak bercahaya/kusam.

Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan cara untuk menjaganya. Menggunakan sabun saja tidak cukup untuk mengembalikan kelembaban wajah. Pada beberapa kasus pemakaian sabun justru membuat kulit semakin kering. Sehingga perlu diperhatikan lagi apakah produk yang anda gunakan memang di formulasi untuk kulit kering atau tidak.

Hal yang dapat anda lakukan antara lain:

  • Gunakan pelembab wajah dan sunblock untuk melembabkan wajah dan melindunginya dari paparan sinar matahari. 
  • Lakukan eksfoliasi/pengelupasan wajah dengan scrub wajah ataupun produk yang aman dan dapat mengeksfoliasi wajah di rumah.
  • Apabila melakukan aktivitas dan terpapar sinar matahari gunakan pelindung seperti topi dan payung, serta selalu gunakan sunblock.
  • Olahraga secara teratur minimal 3x seminggu dengan intensitas sedang selama minimal 30 menit, serta makan makanan sehat dan perbanyak minum air putih, dapat membantu anda membuat keseimbangan hormon sehingga anda dapat terlihat lebih cerah.
  • kunjungi dokter spesialis kulit (sp.KK) ataupun klinik dokter estetika apabila anda masih belum puas dengan hasil usaha anda agar dapat dilakukan pemeriksaan dan dianjurkan untuk memakai produk yang tepat.

Anda juga dapat membaca artikel untuk merawat kulit pria disini.

Salam sehat,

dr. Patricia Oktaviani

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigitan kutu busuk dapat menyebabkann beberapa gejala pada manusia

Mengenal Kutu Busuk dan Cara Menghilangkannya dari Rumah

Periksa tempat tidur dan setiap sisinya, begitu pula rak buku, telepon, dan karpet. Sebab, kutu busuk bisa jadi masih bersembunyi di sana. Sebagai cara menghilangkan kutu busuk, Anda dapat membersihkan kamar dan seluruh peralatan yang ada di dalamnya, terutama tempat tidur.