Kenapa kulit gampang sekali menghitam?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya, mengapa kulit gampang sekali menghitam, seperti barusan saya keluar rumah 30 menit pakai helm dan masker tetapi tetap belang dan mengembalikan ya ke warna asal sangat sulit hingga berbulan bulan itupun tidak boleh keluar rumah dan perawatannya rutin. Pakai sunscreen tidak terlalu pengaruh mungkin hanya mengurangi penggelapan 10%, minta saran nya supaya tidak cepat menghitam karena sekarang saya agak trauma untuk keluar rumah siang hari
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

Kulit terbakar atau menghitam akibat sinar matahari sering terjadi pada orang-orang yang aktivitasnya banyak di luar ruangan dan di bawah terik matahari. Dan sensitivitas kulit setiap orang berbeda-beda, dan semakin putih kulit seseorang maka akan semakin mudah terbakar dan menjadi hitam, dan diperlukan waktu semakin lama untuk kembali pulih ke warna semula. Dan Anda perlu waspada karena orang dengan kulit putih memiliki kemungkinan terjadinya kanker kulit lebih besar dibanding orang dengan kulit hitam.

Hal tersebut dipengaruhi oleh kadar ozon yang ada pada lapisan bumi yang saat ini sudah semakin menipis sehingga sinar matahari terasa semakin menyengat di kulit, serta efek ultraviolet A dan ultraviolet B.

Yang perlu Anda lakukan bila aktivitas Anda banyak di luar rumah adalah:

  • Gunakan tabir surya dengan SPF di atas 30, dan ulangi pemakaiannya setiap 3 jam sekali.
  • Gunakan pakaian yang tertutup.
  • Gunakan masker lidah buaya selesai beraktivitas untuk mendinginkan kulit yang terbakar.
  • Hindari mandi menggunakan air hangat.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kulit bila kulit Anda terbakar sampai mengelupas.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat pepaya untuk kulit salah satunya adalah menyembuhkan jerawat

6 Manfaat Pepaya untuk Kulit Wajah dan Cara Membuat Maskernya

Manfaat pepaya untuk kulit ternyata cukup banyak. Misalnya seperti melembapkan dan mencerahkan kulit, mengatasi mata panda, menyembuhkan jerawat, dan lain-lain.