Kenapa kepala, mata, hidung, leher, tenggorokan, perut sakit semua?

RP Info Penanya: RP, Wanita
Salam dokter,saya mau tanyak,kepala saya sering sakit,truss mata,perut leher tenggorokan hidung semua sakit ,apa penyebab nya itu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RP,

Keluhan yang Anda alami berupa kepala, mata, hidung, leher, tenggorokan, perut terasa sakit, semua bisa disebabkan oleh beberapa hal, namun keluhan yang tidak spesifik pada salah satu organ seringkali akibat faktor psikologis. Faktor psikologis akibat stres atau rasa cemas yang berlebihan seringkali menyebabkan badan terasa sakit semua, mudah lelah, lemas seperti tidak ada tenaga sama sekali, lebih sering mengantuk, tidak napsu makan sehingga makan tidak teratur dan menyebabkan perut sakit, mual, hingga muntah. Hal ini bila dibiarkan akan mengarah ke depresi yang bisa menimbulkan usaha mencelakai diri sendiri bahkan orang lain. Penyebab lainnya bisa disebabkan oleh penyakit autoimun, kurangnya asupan nutrisi, aktivitas berlebihan, kurang istirahat, serta kanker.

Berikut ini pola hidup sehat yang dapat Anda coba untuk memperbaiki kondisi tubuh Anda dengan cara :

  1. Perbanyak asupan sayur dan buah.
  2. Minum air putih 2 liter per hari untuk mencegah kekurangan cairan.
  3. Olahraga secara teratur.
  4. Cukup istirahat.
  5. Kurangi stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan.
  6. Bila nyeri dirasakan sangat mengganggu bisa mengonsumsi paracetamol untuk mengurangi nyerinya.

Bila nyeri dirasakan sampai mengganggu aktivitas maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perceraian bisa meningkatkan risiko terhadap penyakit kronis dan kematian.

Dampak Perceraian, dari Diabetes hingga Meningkatkan Resiko Kematian!

Perceraian kadang menjadi satu-satunya solusi yang bisa ditempuh sebagai jalan keluar dari masalah yang dialami suatu pasangan. Namun sering tidak disadari, dampak perceraian juga ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan, hingga memicu penyakit kronis.