Kenapa kepala cenat cenut dan mata pegal?

IA Info Penanya: IA, Pria, 18 Tahun
Dok kepala saya cenut cenut dan mata pegel kenapa ya dok. Abis pancingan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IA,

Nyeri kepala bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti penglihatan yang kurang jelas yang memaksa otot mata bekerja lebih keras, terlambat makan, kurangnya oksigen akibat paparan asap, hipertensi, stres, gangguan saraf di kepala. 

Pada kasus Anda dimana merasa kepala cenut-cenut, mata pegal setelah memancing bisa disebabkan karena Anda fokus melihat hanya di satu titik tertentu dalam jangka waktu lama yang mengakibatkan otot mata mengalami kelelahan dan mengakibatkan ketegangan otot di sekitar mata dan berakhir dengan nyeri kepala.

Sebaiknya ketika memancing, jangan lupa mengisitirahatkan mata dengan cara setelah fokus di satu titik selama 30 menit, alihkan pandangan ke obyek lain yang letaknya jauh selama 30 detik, hal ini akan menghindari kelelahan otot mata. Selain itu hindari terlambat makan, dan mengonsumsi cukup air putih, serta lakukan peregangan untuk menghindari kekakuan otot leher dan punggung.

Bila keluhan dirasakan semakin memberat hingga pusing berputar, mual, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diabetes dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur pada lansia

Waspadai 4 Jenis Penyakit Mata Ini Untuk Penderita Diabetes

Diabetes bisa menyebabkan komplikasi pada mata. Cara terbaik agar sembuh dari penglihatan kabur akibat diabetes adalah dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat.