Kenapa kencing terus-terusan?

A Info Penanya: A
Haloo dok, saya mau nanya. beberapa hari ini saya sering ngerasain buang air kecil berlebihan, apalagi dimalam hari keseringan banget dok. Rasanya mengganggu, penyebab sama obatnya apa ya dok. soal nya sudah minum omeprazole, meloxicam, antibiotik tetap masih. terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Keluhan sering BAK bisa disebabkan oleh :
  1. Infeksi saluran kemih. Adanya infeksi ini menyebabkan keluhan sering BAK, nyeri ketika BAK, atau ada perasaan seperti BAK belum tuntas dan ingin kencing terus.
  2. Diabetes.
  3. Kehamilan. Pada kondisi hamil tua, maka kandung kencing akan terdorong oleh rahim yang membesar dan mengakibatkan keluhan sering BAK.

Sedangkan omeprazole adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit lambung. Sedangkan Meloxicam merupakan salah satu obat peradangan yang bisa mengurangi keluhan nyeri. Untuk pemakaian antibiotik sendiri bila tidak sesuai dengan jenis bakterinya maka akan percuma saja, karena antibiotik memiliki banyak jenis dan memiliki kegunaan masing-masing sesuai dengan jenis bakterinya.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :
  1. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari.
  2. Hindari menahan kencing ketika sudah ingin kencing.
  3. Basuh area kelamin dari arah depan ke belakang.
  4. Jaga kebersihan kelamin dengan rutin ganti celana dalam.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk dicari penyebab pastinya daripada secara sembarangan minum obat yang bisa saja memperburuk keadaan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa enggan pipis di toilet umum bisa jadi salah satu pemicu susah buang air kecil

Penyebab Susah Buang Air Kecil: Dari Penyakit Hingga Obat-obatan

Susah buang air kecil tak hanya meliputi sulit memulai pengeluaran urine, tapi juga kesulitan dalam mempertahankan aliran urine. Gangguan ini biasa dialami kelompok lanjut usia, namun juga bisa terjadi pada pria dan wanita dari semua usia. Contohnya sebagai gejala dari berbagai kondisi medis.