Kenapa kencing terus-terusan?

A Info Penanya: A
Haloo dok, saya mau nanya. beberapa hari ini saya sering ngerasain buang air kecil berlebihan, apalagi dimalam hari keseringan banget dok. Rasanya mengganggu, penyebab sama obatnya apa ya dok. soal nya sudah minum omeprazole, meloxicam, antibiotik tetap masih. terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Keluhan sering BAK bisa disebabkan oleh :

  1. Infeksi saluran kemih. Adanya infeksi ini menyebabkan keluhan sering BAK, nyeri ketika BAK, atau ada perasaan seperti BAK belum tuntas dan ingin kencing terus.
  2. Diabetes.
  3. Kehamilan. Pada kondisi hamil tua, maka kandung kencing akan terdorong oleh rahim yang membesar dan mengakibatkan keluhan sering BAK.

Sedangkan omeprazole adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit lambung. Sedangkan Meloxicam merupakan salah satu obat peradangan yang bisa mengurangi keluhan nyeri. Untuk pemakaian antibiotik sendiri bila tidak sesuai dengan jenis bakterinya maka akan percuma saja, karena antibiotik memiliki banyak jenis dan memiliki kegunaan masing-masing sesuai dengan jenis bakterinya.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari.
  2. Hindari menahan kencing ketika sudah ingin kencing.
  3. Basuh area kelamin dari arah depan ke belakang.
  4. Jaga kebersihan kelamin dengan rutin ganti celana dalam.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk dicari penyebab pastinya daripada secara sembarangan minum obat yang bisa saja memperburuk keadaan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh HS
22 Apr 2020, 01:57
Hallo doc mau bertanya , sudah lebih dari sebulan saya selalu merasa ingin kencing entah jumlah air yang saya minum banyak ataupun sedikit, dan juga pada saat saya kencing memang banyak yang keluar tapi walaupun saya sudah kencing saya tetap merasa ingin kencing lagi. bisa tlg dijelaskan ini kenapa dan penanganannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 Apr 2020, 08:02
Hi, HS.
Perasaan ingin BAK terus menerus bisa disebabkan karena penyakit diabetes, kebiasaan minum air putih yang banyak, dan infeksi saluran kemih. Untuk penanganannya, hrs dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter agar dapat dilakukan tes urine dan pemeriksaan yang lain.
Salam sehat.
Dibalas oleh MY
01 May 2020, 22:22
Dok kenapa y saya sering sekali buang air kecil terus tetapi sedikit dan setelah saya buang air kecil belum sampai 5 menit meras mau buang air kecil lagi tetapi saat buang air kecil keluarnya sedikit dok bagaimana solusinya y dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 May 2020, 07:36
Selamat pagi MY,
Seperti yang sudah di jelaskan diatas sering buang air kencing terus bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih, diabetes, kehamilan, dll. Untuk sekarang saran saya jaga kebersihan organ intim Anda, perbanyak konsumsi air putih. Jika keluhan tidak membaik sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti cek urin atau pemeriksaan lainnya.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengukur nilai pH normal urine bisa dilakukan di laboratorium kesehatan

Berapa pH Urine Normal? Ini Jawaban serta Prosedur Pemeriksaannya

Pemeriksaan nilai pH normal urine dilakukan apabila dokter mencurigai adanya batu ginjal atau infeksi saluran kemih. Nilai pH urine yang normal berkisar antara 4,5-8,0 dengan rata-rata 6,0. Nilai di bawah dan di atas rentang tersebut bisa menandakan gangguan kesehatan.