Kenapa keluar cairan setelah buang air kecil?

PK Info Penanya: PK, Pria
Dok saya mau bertanya sehabis BAK beberapa kemudian keluar cairan seperti air kencing.terkadang keluar seperti lendir itu penyakit apa dok dan solusinya gmana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PK,

Keluarnya lendir atau cairan setelah buang air kecil adalah merupakan keluarnya air mani, biasanya dapat berkaitan dengan rangsang seksual ataupun sebelumnya melakukan ejakulasi. Jika yang keluar adalah urine, maka bisa disebabkan karena inkontinensia urine atau ketidakmampuan otot pada saluran kemih untuk menahan keluarnya urine, biasanya dapat keluar jika ada tekanan seperti batuk, bersin, tertawa ataupun aktivitas fisik lain.

Yang perlu diwaspadai adalah jika lendir yang keluar berwarna seperti susu kental atau seperti nanah dan menimbulkan keluhan lain seperti nyeri saat berkemih, perih di ujung penis, dan menimbulkan nyeri perut. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih ataupun karena penyakit menular seksual.

Untuk itu ada baiknya memperhatikan lebih detil lendir atau cairan yang keluar dipicu oleh kondisi apa dan periksakan diri pada dokter atau dokter ahli urologi untuk memastikan penyebabnya.Perbanyak minum air putih, jaga kebersihan organ intim, hindari menahan keinginan buang air kecil dan hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gonore adalah penyakit menular seksual pada orang yang aktif berhubungan seksual.

Pengobatan Gonore Tidak Lagi Ampuh Menggunakan Antibiotik, Benarkah?

Gonore adalah penyakit menular seksual akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae. Dua jenis antibiotik untuk gonore, yaitu ceftriaxone, azithromycin atau doxycycline.